Mengkritisi Kebudayaan Berbahasa Indonesia Saat Ini

     Menurut pendapat saya pada saat ini penggunaan Bahasa Indonesia di dalam masyarakat sendiri cenderung memakai Bahasa Indonesia yang jauh dari bahasa formal alias pemakaian bahasanya di campur-campur. Seperti pencampuran bahasa indonesia dengan bahasa inggris, bahasa indonesia dengan bahasa alay atau gaul (huruf besar kecil ditambah dengan pemakaian angka menjadi huruf), bahasa indonesia dengan bahasa daerah dan lain lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. 

      Biasanya dari mulai kecil hingga beranjak remaja, kebanyakan dari mereka yang menggunakan bahasa gaul bahkan sampai orang tua pun memakai bahasa seperti itu. Faktor penyebabnya adalah salah satunya berasal dari media seperti televisi. Televisi banyak memberikan informasi yang baik begitu juga informasi yang buruk. Dari informasi yang buruk tersebut maka mulailah secara tidak sadar kita akan mengikuti informasi buruk yang diberikan oleh televisi tersebut. Sebagai contoh ada suatu iklan yang kata-katanya seperti ini “terus gue mesti bilang wow gitu?”, “ciyus?miapa?” maka secara tidak sadar kita akan mengikuti bahasa-bahasa seperti itu di kehidupan kita sehari-hari (termasuk saya haha).
      Tata bahasa orang indonesia sendiri kebanyakan tidak menghormati orang yang lebih tua dari mereka. Misalnya seorang kakak beradik yang umurnya terpaut jauh adiknya malah berbicara dengan kakaknya dengan kosakata “lo” “gue” dll. Menurut saya kalau memakai bahasa seperti itu didengarnya kurang sopan. Mungkin beberapa ide dari saya bisa memberikan solusi untuk persoalan diatas seperti :
  • Pakailah bahasa indonesia dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dalam kehidupan berkomunikasi sehari-hari.
  • Hindari iklan/film/sinetron televisi yang bahasanya tidak mendidik.
  • Jangan terpengaruh dengan bahasa dipakai oleh teman jika bahasa itu bukan bahasa indonesia yang baik.
  • Tanamkan pada diri sendiri rasa cinta yang begitu besar kepada bahasa indonesia agar kita bisa dengan mudah menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.
  • Kontrol diri sendiri agar tidak menggunakan bahasa gaul.
  • Sering-sering baca buku yang bahasa indonesianya sudah baik dan benar.
Solusi dari saya memang belum sempurna tetapi semoga bisa bermanfaat agar masyarakat indonesia bisa menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.
Kahfi Alfarisi F.
13110823
3KA33

Leave a Reply