Membuat QR Code Dengan Google Chrome

QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi menurut wikipedia. Apa sih bedanya QR Code sama Barcode? Kadang orang masih pada salah menganggap QR Code itu adalah Barcode padahal QR Code dan Barcode sendiri memang berbeda. Intinya kalo QR Code itu yang kotak-kotak dan kalo Barcode itu yg garis-garis kaya gambar dibawah ini.

QR Code
Barcode

 

 

 

 

 

 

Saat ini penggunaan QR Code memang sudah banyak, ada di poster, di aplikasi sampai sablon baju pun pakai QR Code, pokoknya dimana-mana ada wkwkwk. Cara membuatnya ada yang memakai generator seperti http://www.qr-code-generator.com/ https://www.the-qrcode-generator.com/ dan banyak lagi yg lainnya. Disini saya coba share menggunakan generator bawaan dari google chrome. Saya coba membuat QR Code untuk mengetahui lokasi di google maps. Ikuti caranya dibawah ini :

  1. Pertama cari lokasinya dulu yang mau dituju di google maps dan copy URLnya pada address bar
  2. Lalu buka website shortener URL punyanya google https://goo.gl
  3. Pastekan URL yang tadi dicopy pada kolom yang disediakan lalu klik SHORTEN URL
  4. Setelah itu kita mendapatkan URL yang sudah di short, contohnya seperti https://goo.gl/8Rpoyo
  5. Copy URL tersebut lalu paste pada address bar browser google chrome anda dan tambahkan .qr pada belakang pada URL tersebut seperti ini https://goo.gl/8Rpoyo.qr dan tekan enter.
  6. Taraaaaaaaa langsung muncul QR Codenya.

Nah QR Code tersebut yang kita bagikan kepada orang-orang agar bisa di scan. Sekian dulu informasi kurang begitu penting dari saya. Semoga dapat membantu 😀

Leave a Reply