Cara Membongkar Laptop Toshiba L510

Cara Membongkar Laptop Toshiba L510

Selamat malam kawan-kawan, ngga terasa udah lama banget blog ini ngga di update dikarenakan yang punya blog (sok) sibuk hahaha. Jadi kemarin-kemarin ada temen yang minta benerin laptopnya, yaudah gue bongkar laptopnya terus dibersihin dalemnya sekalian diganti termal paste yang ada di prosesornya soalnya udah kering. Nah sekalian aja gue jadiin tutorial bongkarnya, gue ngga bikin tutorial masangnya loh ya jadi ikutin cara sebaliknya haha. Sebelumnya terima kasih untuk Analita Harissandi karena laptopnya gue jadiin eksperimen buat di bongkar hehe. Sebelum ke langkah bongkarnya ada baiknya sediain dulu alat sama cemilannya. Oke langsung aja ya ikutin langkah-langkahnya : 

1. Pertama-tama copotin semua baut yang ada dibagian bawah laptop, inget ya semuanya copotin, harddisk dan ramnya juga di copot, kalo wireless card ga usah dicopot gapapa. Ada 2 baut lagi dibagian samping, dicopot juga ya.

02. Kedua balik laptopnya trus buka, nah congkel aja pake obeng yang gue kotakin warna merah nantikan dia copot tuh.

13. Nah pas udah copot tarik keyboardnya keatas perlahan-lahan. Kenapa perlahan-lahan?karena dibawahnya ada kabel yang nyambung ke slot motherboard, harus dilepas dulu.

2
4. Nah ini dia yang gue maksud, itu dilepas dulu ya semua kabel yang nyambung ke slot motherboard.

45. Kalo udah dilepas semua, sekarang saatnya ngelepas baut yang ada, totalnya ada 3 dan gue lingkarin warna merah.

56. Gue anggap udah dilepas semua baut dan slot dari 5 langkah yang tadi ya. Sekarang waktunya untuk mencongkel bagian samping-sampingnya sampe semuanya keangkat, congkel aja ngga bakal patah kalo nyongkelnya bener.

67. Dan taraaaaaaaaaaaaaa…keliatan tuh motherboard laptop kalian, setelah itu coba liat semua yang gue bunderin merah, copot semua baut dan kabel yang terhubung ke slot motherboard. Udah copot semua?gue saranin bersihin tuh motherboardnya dari debu-debu nakal yang bikin sirkulasi udara laptop jadi terhambat.

7

8. Kalo udah selesai di bersihin terus angkat motherboardnya terus dibalik, nanti kaya gambar dibawah. Copot 2 baut yang dibawahnya itu adalah prosesor beserta vga dan copot kabel fan yang nyambung ke slot motherboard. Setelah itu angkat keatas fan beserta heatsinknya, gue saranih bersihin bagian dalem fan sebersih-bersihnya biar ngga ada lagi debu-debu yang nempel, soalnya itu yang bikin laptop terhambat sirkulasi udaranya.
7.19. Nah kalo udah dicopot maka keliatannya bakalan kaya gambar dibawah. Yang gue lingkarin warna biru sebelah kiri itu (kalo ga salah) VGA, yang sebelah kanan itu prosesor. Pas gue bongkar yang VGA itu ternyata make thermalpad jadi gue diemin aja soalnya keliatannya masih bagus, kalo yang prosesornya make thermal paste dan udah kering banget, pantesan aja laptopnya cepet panas. Yaudah yang prosesornya gue pakein thermal paste gue yang merknya cooler master. Inget jangan pake thermal paste abal-abal ya soalnya cepet banget kering.8

Cukup sekian bongkar-membongkar laptop toshibanya. Gue cuma nulis cara membongkarnya, ngga nulis cara masangnya lagi, jadi ya terserah lo mau dipasang lagi apa ngga hahaha. Masang laginya gampang kok, tinggal kebalikannya aja. Terima kasih sudah membaca tutorial ngga lengkap dan kurang jelas ini. Kalo ada pertanyaan, kritik, saran, cacian, makian, pujian langsung aja ungkapkan di kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply